Kursus Komputer di SKOMTEK

Besok, aku kursus di SKOMTEK jam dua siang. SKOMTEK itu singkatan dari Sentral Komputer Teknologi. Kemarin dan kemarin dan kemarin dan kemarin aku bertanya pada abi,

“Abi, SKOMTEK itu singkatan dari Sekolah Komputer Teknologi, ya?” tanyaku polos. Abi tertawa.

“Kok pintar, Mbak. Tahu darimana?” katanya, tapi aku hanya cengengesan. “Seharusnya itu salah. Kalau mau lihat mana yang benar, itu lho, ada di papan bertuliskan SKOMTEK itu,” abi menunjuk ke sebuah papan di atas sebuah tiang panjang. Tulisannya SKOMTEK; Sentral Komputer Teknologi. Lantas, aku tertawa dan garuk-garuk kepala.

Guruku disini bernama Pak Agus. Pak Agus punya penyakit, namanya penyakit rabun ayam. Bukan buta. Katanya, kalau Pak Agus membaca buku di tempat yang sinarnya kurang terang, Pak Agus tidak dapat membaca buku yang sedang dibacanya. Pak Agus pernah menceritakan riwayat hidupnya. Saat kecil, di sekolah, saat pelajaran menggambar, Pak Agus sering menjiplak gambar-gambar yang menurutnya bagus, lalu mengubahnya menjadi imajinasinya sendiri. Mau tak mau aku dan Mas Azmi kakakku tertawa.

Dahulu, Pak Agus bercerita, ia tak suka menggambar. Tapi, setelah bertemu dengan program Corel Draw, Pak Agus akhirnya suka menggambar. Oya, Pak Agus ini, selain bekerja menjadi guru di SKOMTEK, ternyata juga pengedit gambar anak-anak TK. Sebelumnya, Pak Agus datang ke sekolah-sekolah TK, lalu memfoto anak-anak disana. Setelah selesai, diedit menggunakan Corel Draw bila bagus. Oya, Pak Agus juga bekerja menjadi pengedit gambar orang. Orang itu meminta Pak Agus membuat sesuatu, seperti kartu nama, kalender hijriyah, kalender masehi… Dan imbalannya bisa sampai lima ratus ribu! Wah, aku ingin seperti Pak Agus.

Di SKOMTEK, aku masih belajar Corel Draw. Aku dan kakakku harus mempelajari Corel Draw, Photoshop, dan Pagemaker. Dengan Corel Draw, aku dapat membuat kartu nama semauku. Aku belajar pada hari Selasa dan Kamis. Jam empat pelajaran selesai, lalu dengan berjalan kaki aku dan kakakku berjalan ke EF yang tak terlalu jauh dari SKOMTEK. Selesai EF, barulah abi menjemput kami berdua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s