Science Day

Hai, guys, dan yup! Hari ini memang hari Science Day. Tadi pagi, tepatnya jam setengah sembilan-an, kami berangkat ke sebuah taman kompleks tempat rumah teman umi berada. Karena lupa, nanti-nanti saja kukatakan, ya!

Sekitar setengah-45 menit-an kami berangkat menggunakan dua buah sepeda motor. Aku bareng umi, sedang sisanya bareng abi. Hehehe… maksudnya Mas Azmi dan Arun!

Taman kompleks yang cukup luas itu ramai sekali. Umi lupa membawa koran untuk alas duduk, jadi kami asal saja nyarinya. O ya, gara-gara enggak ada anak gede di sana, kakakku jadi ngambek dan terus diajak abi ke CFD yang letaknya memang tidak jauh dari sana. Wiiiw, enak sekali!

Aku, Arun, dan umi duduk di sebuah karpet bergambar Upin Ipin yang mungkin punya Bu Ninik yang kemudian mengajari kami tentang sains.

Umi memberiku dua lembar kertas -selembar kertas sebenarnya terdiri dari tiga-empat kertas yang distaples- tentang petunjuk dan lembar jawabannya itu.

Bu Ninik mulai mengajarkan tentang sains. Ada beberapa pertanyaan, dan anak-anak yang dapat menjawab boleh maju ke depan untuk memulai percobaan sains yang tidak terdapat di kertas.

Mula-mula, ada anak memegang segelas teh (pakai gelas plastik). Ada tiga anak lagi, yang paling ujung membawa gelas yang seperdua isinya berisi sebuah cairan putih pekat.

Gelas teh dituang ke gelas di samping kirinya. O’ow! Warnanya berubah! Jadi putih bening. Kok bisa, ya?? Lalu, anak yang memegang gelas putih itu menuang isi gelasnya lagi ke gelas satunya (kok puter-puter ya?).

Wooowww… Jadi minuman bersoda!

“Soda itu enggak bagus buat kesehatan, jadi jangan banyak-banyak minumnya. O ya, mau minuman yang menyehatkan?” tanyanya pada anak-anak yang sedang duduk di sekitarnya.

“Maaauuu!”

Oh aku lupa. Sebelum itu, harus diucapkan mantranya dulu, yakni ‘Abrakasains’, sebelum menuangkan isi gelas ke gelas satunya. Kata Bu Ninik, kalau enggak diucapkan, nanti enggak jadi ‘ramuan’-nya.

‘Soda’ di gelas dituang ke gelas berisi cairan putih pekat. Namun karna kebanyakan, jadi tumpah. But oow! Itu menjadi jus blueberry yang berwarna biru-ungu! Hebat sekali… wow.

Setelah itu, mulai juga percobaan per keluarga. Masing-masing keluarga dibagikan sebungkus asam sitrat dan soda kue. Jangan lupa gelas plastik dan biji-bijiannya, ya.

Caranya, isi gelas dengan air sampai lebih dari setengahnya. Masukkan biji-bijian ke dalam gelas plastik. Amati di mana biji-bijian itu berada. Masukkan soda kue ke dalam gelas plastik. Amati di mana biji-bijian dan soda kue berada (jangan diaduk). Masukkan asam sitrat sedikit demi sedikit (jangan diaduk). Amati apa sajakah yang terjadi di dalam gelas.

Berhasil! Namun sayang, aku mengaduknya. Jadi agak salah.

Lalu, aku membuat Jembatan Tisu, Surat Rahasia, dan Peniup Balon. Seru! Rumahku sekarang penuh dengan surat rahasia yang dibuat Arun… dan penuh juga dengan bubuk-bubuk cokelat bertebaran. Yang mau tahu caranya, tanya aku di Twitter atau email, ya! Sudah kemaleman, kebanyakan lagi.

Itu saja, ya. Bye!

 

NB: Maaf jika ada kesalahan.

NB2: Maaf tulisannya jelek/puterputer.

NB3: Diselenggarakan oleh (SweetHome, after school care)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s