Cook, Cook, Cook!

Belakangan ini, koq aku suka masak ya? Kemarin martabak sama terang bulan. Hari ini pizza mini dan kue pizza.

Mungkin berkat buku-buku resep buat remaja (hihi) yang dibelikan umi. Aku beruntung banget, soalnya di salah satu buku itu ada resep pizza mini. Sebenarnya, sih, pakai oven. Tapi, atas usul Kak Ais dan dukungan dari umi, akupun mencoba menggunakan teflon untuk memanggang pizza itu.

Cara membuat (Dikutip dari buku resep ‘Chef Teens’ karya Anti A. Suganti):

Bahan:
250 g tepung terigu
6 gr ragi instan
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
150 ml air
2 sdm minyak goreng

Topping:
3 sosis, potong-potong (aku pakai satu sosis Bernard)
Bawang bombay, cincang kasar (aku pakai bawang putih, bawang bombaynya lupa beli :P)
Keju cheddar, parut
100 g saus tomat

Alat Memasak (ala Zahra):
Teflon
Tutup teflon
Sendok kayu khusus teflon (untuk mengambil pizza yang mungkin terlalu lengket ke teflonnya)
Dll.

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu, gula, garam dan ragi. Aduk rata.
2. Masukkan minyak dan air secara bergantian ke dalam adonan tepung. Aduk hingga kalis.
3. Diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang. Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan setebal 2 mm. Kemudian, oleskan saus tomat. ~Sebelumnya, oleskan dulu tepung terigu ke tangan rata, agar adonan pizza tidak lengket di permukaan tangan.
4. Masukkan bawang bombay dan sosis. Taburkan keju cheddar di atasnya.
5. Panggang selama kurang lebih 10-15 menit.
6. Angkat dan sajikan.

Nah… Gampang, kan? Kataku, memanggang menggunaakan teflon, bagian bawahnya jadi kering dan renyah, namun bagian permukaannya empuk. Perpaduan rasa yang simpatik, bukan? ><

Sebenarnya sih aku mau bikin air tomat buat jadi temannya si pizza, cuman kelupaan. Lagian pizzanya sudah keburu ‘diserbu’ sama kakak dan adikku. Adonannya bisa menghasilkan lima buah pizza ukuran sedang dengan tebal 2 mm (tapi punyaku kayaknya ada yang 2mm dan ada yang lebih tebal, hehe). Eh, kalian mau tahu caranya bikin air tomat? Bagi yang belum pernah nyoba, rasanya enak dan maknyussss, loh! Caranya:

Ambil tomat (jumlahnya sesukanya, namun jangan kebanyakan karena bikin gelasnya penuh), lalu iris dengan tebal sedang (tidak begitu tipis dan tidak begitu tebal). Masukkan ke gelas dan tambahkan gula. Jangan kebanyakan, nanti enggak sehat. Beri air matang, lalu aduk. Mengaduknya agak susah, sih, karena ada tomat di dalamnya. Bagi yang kesusahan bikinlah air gula dulu, baru masukkan tomatnya. Siap mencoba?

Hari ini, selain memasak, aku juga dapat kegiatan lain. Les menggambar dan latihan drama. Masya Allah susahnyaaa! Latihan drama, yang paling susah adalah ekspresi dan waktu jalan. Kaki disilang, tangan dibeginikan… Huah!

Peranku sebagai pembeli, Silvi sebagai tukang bubur. Aku keki dan grogi amat, karena peranku dan Silvi adalah yang paling susah. Yang lain cuman ngucap dua-tiga patah kata. Aku dan Sil? Huah!

Oh ya.. Maybe aku belum cerita pada kalian, ya, kalau judul opera yang akan aku, Silvi, Fia, Putri, Aulia, Amel, dan Hanum mainkan adalah Tukang Bubur yang Jujur. Eh… udah pernah kuceritain ya? *garuk-garuk kepala* tapi gak papa deh. Aku jadi pembeli, Silvi jadi tukang bubur, Fia jadi dalang/narator, Putri jadi pintu… eh, bukan. Jadi tukang jamu. Amel jadi tukang rujak dan Hanum jadi tukang sayur. Eeeee… Aulia kelewatan, ya? Dia jadi pedagang boneka, yang salah satu dialognya begini, “Di pantat Bu (sambil duduk di atas boneka), sambil nonton teve dan makan camilan,”

Waktu dia membaca itu, hampir semua anak tertawa terpingkal-pingkal. Bagaimana nggak lucu, ada kata ‘di pantat-nya’… hihihi.

Pokoknya capai, deh! Belum lagi, aku harus menyelesaikan puisiku. Kemarin malam aku sibuk menyelesaikan tulisan dan PR menggambar dari Bu Dini. Sebenarnya, sih, aku ingin pergi ke Magelang saat dua hari tanggal merah itu, namun hari Minggunya waktuku pentas. Nggak bisa diundur lagi, siapa yang jadi pengganti?

Ya udah ya… eh, ini screenshot pizzaku yang udah jadi:

IMG_20150317_121925
Lezaaat! Who’s want this pizza? Udah habiiisss!! 😛 XD

Okelah. Kue pizza yang kukatakan di awal nyusul di posting berikutnya, ya. Boboi! *ala Boboiboy 🙂 😉 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s