Brightmoon Cake

Haaaiii, teman-teman!

Aku ingin sedikit memberitahukan pengalamanku memasak kue kepada kalian nih.

Tadi siang, aku memasak terang bulan, yang juga disebut martabak manis, bersama sobatku Tazkia. Sebelumnya aku telah mengajaknya melalui WhatsApp, yang langsung diterima dengan senang hati olehnya. Aku sudah mencoba resep yang kami gunakan ini dua atau tiga kali, karena sejak dua hari yang lalu aku selalu memasak terbul sampai teler tapi masih bisa makan lagi. #weks

Dua hari yang lalu, aku menemukan resep ini secara sengaja di Cookpad. Aku sungguh bahagia karena memilih resep ini untuk diujicobakan, karena hasilnya sangat sempurna. Lembut, empuk, manis, dan mengalahkan hampir semua terbul yang pernah kumakan sebelum ini.

Karena aku orang yang baik hati serta dermawan (“-,-/), jadi dengan sukarela aku akan membagikan resep ini pada kalian yang mungkin saja kelaparan diluar sana dan berbekal satu truk bahan membuat kue.

O ya, ini adalah resep yang sudah kugubah sesuai pengalamanku sendiri, tidak sepenuhnya mirip seperti resep asli. Namun dijamin kalian akan ketagihan kalau sudah melahap satu suapan terbul ini!

 

Resep Terbul ala Zahra

-dan Cookpad

 

          Bahan2:

          8 sdm tepung terigu

          2 sdm tepung tapioka

          3 sdm gula pasir

          2 sdm susu bubuk

          1 butir telur ayam

          200ml air matang

          ¼ sdt ragi instant

          1 sdt baking powder

          1 sdt soda kue

          2 sdm mentega cair

          ½ sdt garam

 

          Cara Membuat:

          Campur semua bahan kering kecuali soda kue.

          Kocok lepas telur.

          Tuang air, kocokan telur dan mentega cair ke dalam adonan kering.

          Aduk rata, tutup dan diamkan selama setengah jam. Setelah setengah jam berlalu, buka tutup lalu masukkan soda kue, kemudian ditutup dan didiamkan kembali selama setengah jam pula.

          Panaskan pan/teflon dengan api sekecil mungkin.

          Tuang adonan secukupnya, tergantung ukuran pan/teflon yang dipakai.

          Pan/teflon ditutup dan ditunggu sampai permukaan empuk dan tidak cair. Untuk memastikan sudah matang, sesekali buka tutupnya dan cek kematangan dengan sendok kayu.

          Setelah matang, beri topping yang Anda sukai.

          Silakan menikmati (^^/)               

 

Daaan… silakan coba di rumah masing-masing. Kalau cara memasak yang dilakukan anda semua betul, dijamin rasanya akan seempuk, seenak dan sematang yang kubuat di rumah.

Jujur, aku dan Tazkia ketagihan banget mencoba terbul yang kami buat. Bahkan Tazkia mengajakku untuk membuat kembali terbul ini, besok pagi. Namun, kali ini kami memasaknya di dapurnya sendiri.

O ya, ini ada lima penampakan dari terbul yang kubuat:

 

 

Dari fotonya mungkin tidak meyakinkan kalau terbul ini sangat enak. Tetapi mau bagaimana lagi, sudah nasib aku tidak pandai merapikan tatanan terbul. Terutama terbul meises-selai stroberi itu, aku sudah menyerah membuatnya rapi.

Itu saja, ya, yang kuceritakan tentang pengalamanku membuat terbul. Kalau mau, kalian bisa juga membuatnya lalu menulis sebuah pengalaman pula di blog masing-masing. Jikalau sudah selesai, kirim alamat website pengalaman membuat terbul dengan resep ala Zahra -serta Cookpad, tentunya, melalui comment di bawah, ya!

 

Xoxo~

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s