Review Buku: A Golden Web

#1Day1Post #Day20

Judul Buku: A Golden Web

Penulis: Barbara Quick

Penerbit: Penerbit Atria

 

Hola again! Pagi ini aku akan mereview sebuah buku berjudul A Golden Web yang ditulis oleh Barbara Quick dan bersubtitle Kisah Ahli Anatomi Perempuan Pertama di Dunia. Buku ini lagi-lagi diterbitkan oleh Penerbit Atria dan merupakan novel yang menceritakan tentang biografi seorang wanita bernama Alessandra Giliani yang hidup jutaan tahun yang lalu.

Alessandra Giliani adalah seorang remaja berumur empat belas tahun yang sangat cerdas dan berotak sangatlah cemerlang. Ia sangat mencintai dan meminati literatur dan ilmu pengetahuan. Tetapi, pada zamannya dulu, kaum perempuan terhormat tidak berhak menjadi apapun dan mempelajari apapun selain menjadi ibu rumah tangga dan biarawati. Sekiranya sama dengan yang terjadi di Indonesia, sebelum Kartini merubah semuanya.

Saking cintanya terhadap ilmu pengetahuan dan ingin terus belajar mengenai anatomi seperti yang dipelajari oleh Aristoteles, Alessandra rela untuk menyusup ke sebuah universitas di Bologna untuk belajar ilmu kedokteran; walaupun dia harus menyamar menjadi seorang laki-laki bernama Sandro.

Awalnya dia dikirim ke biara oleh orangtuanya selama satu tahun bersama pengasuhnya, Emilia, untuk menetap sebelum dia dinikahkan dengan orang yang dipilihkan orangtuanya, seorang lelaki kaya yang tidak pernah Alessandra kenal dan temui. Bisa disebut Alessandra kabur dari perjodohan itu, dan setelah dikirim ke biara, dia kabur menyeret pengasuhnya ke Bologna. Hanya beberapa orang yang tahu tentang penyamarannya dan tentang penempuhannya ke universitas, yaitu ia sendiri, Emilia, abang kandungnya yang sangat ia sayangi, Nicco, dan Giorgio, kekasih adik Alessandra, yang membantu mereka untuk dapat sampai ke Bologna.

Alessandra mengganti namanya menjadi Sandro dan menginap di sebuah kamar kecil yang disarankan oleh seorang penjaga universitas sebelum ia pindah ke sebuah rumah seorang dosen di universitas itu, seorang yang membuat Alessandra tertarik untuk mempelajari ilmu kedokteran. Namanya Mondino de’ Liuzzi, seorang dokter terkenal yang menerima para mahasiswa untuk menetap di rumah mereka.

Di rumah Mondino, Alessandra berkenalan dan bersahabat dengan seorang lelaki sebayanya yang juga merupakan mahasiswa kedokteran bernama Signore Agenio alias Otto. Signore adalah kata sopan untuk menyebut seorang lelaki terhormat disana.

Alessandra aka Sandro dan Otto adalah dua orang pria yang sangat cerdas dan sama-sama sangat tertarik pada ilmu pengetahuan, terutama kedokteran. Mereka mempunyai hasrat yang sama di kedokteran dan dengan itu menjadi sangat dekat.

Sampai suatu hari, jenis kelamin sebenarnya Sandro diketahui oleh Bene, seorang pemuda licik dan culas dari desa pinggiran yang juga menginap di rumah Mondino de’ Liuzzi, dan belakangan cemburu pada Sandro yang telah merebut tempatnya sebagai bimbingan tunggal dan kesayangan Mondino. Dia mengancam bakalan menyebarkan identitas Alessandra yang sebenarnya, tetapi Alessandra memohon dengan sangat dan akhirnya terpaksa menyuap Bene dengan hartanya satu-satunya yang diberikan ayahnya sebelum ia berangkat ke biara, sepotong besar emas murni dengan lukisan wajah ibu kandungnya yang sudah meninggal di permukaan emas tersebut.

Kalau identitas sebenarnya Alessandra tersebar, bisa menjadi hal yang fatal karena zaman itu dokter berkelamin perempuan dan sejenisnya dianggap sebagai penyihir dan hukumannya dibakar hidup-hidup, atau lebih sederhana lagi diasingkan seperti nasib seorang dokter wanita di Paris yang dituduh penyihir dan dihukum diasingkan dan banyak diperbincangkan.

Suatu waktu Alessandra dan Otto mengobrol berdua dan disitu Alessandra tahu kalau Otto juga dijodohkan oleh orangtuanya, dan mengejutkannya, Otto berkata kalau dia tidak pernah bertemu dengan wanita yang mereka dijodohkan dan tidak tahu bagaimana rupa sifatnya.

Disaat itu juga, identitas asli Alessandra di depan Otto terungkap secara tidak sengaja melalui sebuah kecelakaan. Alessandra mengira Otto akan membencinya, tetapi ternyata Otto sama sekali tidak membencinya dan malah mengungkapkan apa yang selama ini ia pendam. Apalagi, ternyata lelaki kaya yang disebut ayah Alessandra akan dijodohkan pada dirinya ternyata adalah Otto sendiri!

Tak menunggu lama, Alessandra dan Otto pun menikah diam-diam. Mereka menyewa sebuah kamar yang jauh dari universitas untuk mereka berdua tinggal selama beberapa saat.

Ayah Alessandra, suatu hari pergi berkunjung ke universitas untuk mencari Signore Agenio, calon menantunya untuk membincangkan pernikahannya dengan putrinya yang ia kira sedang berada di biara dan menetap saat itu.

Ia menemukan Signore Agenio alias Otto sedang berduaan dengan seorang pria lain di sebuah warung, dan hampir saja ia mengamuk dan memenggal Otto saat itu juga dengan tangannya sendiri kalau Alessandra tidak membuka penyamarannya dan meminta maaf setulus hatinya pada ayahnya karena telah menipunya selama ini; dan dia juga telah menemukan belahan jiwanya secara tak sengaja dan kalau mereka telah berikrar untuk bersama.

Walau begitu, sebuah pesta pernikahan tetap dibuat untuk mereka berdua.

Alessandra dan Otto tetap bersama sebagai pasangan suami istri yang mempelajari kedokteran. Sesekali untuk keperluan penyamaran belajar di universitas Alessandra tetap merubah dirinya menjadi Sandro.

Makin bertahap, Alessandra mulai membedah anatomi bagian dalam babi hutan dan kemudian mencoba untuk membedah mayat manusia.

Tetapi, identitasnya sebagai seorang wanita akhirnya ketahuan jua. Orang-orang yang sudah terlanjur marah hendak membakarnya sebagai seorang penyihir; tetapi dia yang sebenarnya juga sedang sakit itu jatuh pingsan dan Otto yang panik membawanya ke rumah mereka dan berusaha menyembuhkannya.

Sayangnya, nyawanya tidak terselamatkan. Alessandra sebelumnya hanya berkata pada Otto bahwa ia tidak ingin dilupakan, dan Otto dengan mata berkaca-kaca membalas kalau ia takkan bakal dilupakan.

 

Hola!

Aku baru menyadari kalau aku belum menyelesaikan total dari artikel ini sejak dipublish 12 hari yang lalu. Dan aku baru menyelesaikannya 12 hari setelah dipublish dan saat aku sedang mengeditnya untuk memasukkan foto cover. Keren.

Intinya enjoy.

10588138.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s