Upacara Pramuka di Balai Kota

#1Day1Post #Day4

Hai!

Pagi ini aku bakalan menceritakan pada kalian pengalamanku melihat upacara se-Malang Raya di depan balai kota kemarin. Ini bukan pertama kalinya aku melihat upacara, karena aku pernah mengalaminya di sekolahku saat kelas satu dulu dan masih bersekolah di sekolah formal, tetapi tentu saja sekarang sudah lupa.

Kak Totok dan Kak Gatot yang merupakan pembina pramuka senior mengajak anak-anak homeschooling yang dibinanya pramuka setiap Rabu untuk menonton upacara itu di tempat khusus sebagai tamu.

Upacara itu diikuti oleh ratusan, bahkan mungkin ribuan siswa SD, SMP dan SMA dari seluruh penjuru kota Malang.

Aku, abi, kakakku dan adikku berangkat pagi-pagi sekali, jam enam kurang. Soalnya, sebenarnya Kak Totok menyuruh kami untuk datang jam setengah tujuh karena upacara akan dimulai sekitaran jam segitu. Tetapi saat kami sampai jam tujuh kurang, kumpulan anak-anak berseragam pramuka masih berdatangan dan belum semuanya datang, bahkan Kak Totok pun masih dalam perjalanan saat kami menghubunginya.

Abi mengajakku dan mas Azmi untuk jalan-jalan melihat sekitar. Tetapi mas Azmi mengeluh kalau kepalanya pusing dan perutnya mulas, dan aku nggak mau pergi sendirian doang tanpa mas Azmi, jadinya aku melihat-lihat keadaan pra-upacara dari dalam mobil.

Kak Totok datang. Tapi mas Azmi masih nggak enak badan, jadinya kak Totok pun pergi duluan.

Upacaranya agak ngaret, baru mulai sekitar jam delapan lebih. Dan sampai jam segitu aku masih menonton dari dalam mobil. Baru ketika sudah mulai upacaranya, aku mengajak abi untuk menonton dari dekat; lebih tepatnya dari belakang rombongan bersama para pembina pramuka dan disamping panggung tempat marching band berada.

Honestly, dari sudut pandang seorang anak homeschooling sepertiku yang tidak pernah mengikuti upacara apapun kecuali sewaktu aku masih bersekolah formal, upacara seperti ini sangatlah membosankan. Para peserta upacara harus berdiri tegak di bawah sinar matahari yang terik selama berjam-jam dan mendengarkan pidato yang terlalu panjang. Ada puluhan anak yang tidak kuat dan akhirnya mereka duduk di naungan dan menonton dari tepi. Bahkan kulihat ada satu anak yang pingsan. Sebegitunya.

Upacara mungkin penting, tapi seharusnya dibuat biar tidak terlalu ‘menyiksa’ para siswa, bahkan ada yang masih kelas satu sekolah dasar. Miris lihatnya mereka harus berdiri berjam-jam seperti kakak-kakak kelasnya yang lain:(

Yang paling aku sukai dari upacara itu pentas dan marching bandnya.

Saat upacara berakhir, aku pergi ke tempat anak-anak homeschooling yang lain bersama Kak Totok dan Kak Gatot di tempat duduk tamu.

Kukira sudah bakal selesai dan bubaran. Tetapi ternyata tidak. Ada pentasnya lagi.

Pentasnya sangat keren. Terdiri dari kelompok-kelompok dari berbagai sekolah di Malang Raya. Ada Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak. Aku nggak tau nama atraksi-atraksi yang mereka lakuin, dan nggak bisa menceritakan dengan detail;n;;

Intinya atraksi yang mereka lakukan bagus banget. Ada juga pameran baju dari barang bekas –tapi aku nggak yakin mereka menggunakan barang bekas selain koran bekas untuk bahannya. Soalnya ada yang menggunakan gelas kertas buat rok dan gelas itu sama sekali bersih dan tidak ada tanda-tanda kalau itu adalah bekas;u;

Last one, marching bandnya. Aku suka musik jadi aku lumayan menikmati atraksi marching bandnya.

Setelah bubaran, aku dan Arunia balik.

Sebelum pulang, kami mampir dulu di suatu tempat untuk memesan stempel buat buku-buku kami. Soalnya, dalam waktu dekat, kami akan mulai membuat sebuah perpustakaan. Tempatnya tentu saja di tanah belakang rumah kami. Dan untuk perpustakaan tersebut, buku-buku kami harus distempeli terlebih dulu.

Okd. Selanjutnya aku akan mereview sebuah buku setelah lama sudah tidak review buku; so stay tuned.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s