Arti Lambang Tunas Kelapa ( Pramuka )

Beberapa minggu yang lalu, anak-anak Pramuka diberi tugas untuk membuat sebuah ringkasan tentang apa arti lambang tunas kelapa. Walau akhir-akhirnya hanya aku ternyata yang membuat tugasnya tersebut, sih. –”

Karena tugas itu masih ada di aku sampai sekarang dalam bentuk print-out setelah kuketik di laptop dan kuprint, aku memutuskan untuk mengetik ulang print-out tersebut dan membagikan ringkasan arti lambang tunas kelapa itu kemari. Bisa untuk referensi anak-anak lain yang juga memerlukan arti lambang tunas kelapa.

Lambang Tunas Kelapa diciptakan oleh seorang tokoh pramuka yang juga seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian bernama Soenardjo Admodipuro, dan dipergunakan pertama kali pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno yang menganugerahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Lambang Gerakan Pramuka berbentuk siluet [bayangan]] Tunas Kelapa Penjabaran tentang Lambang ini ditetapkan dalam Keputusan Kwarnas No. 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka.

Lambang Gerakan Pramuka mengandung arti kiasan sebagai berikut:

  1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa).
  2. Buah kelapa tahan lama. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet.
  3. Kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun.
  4. Kelapa tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi.
  5. Akar kelapa kuat. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.
  6. Kelapa pohon yang serbaguna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Segitu aja sudah cukup untuk membuat sebuah ringkasan tugas arti lambang Tunas Kelapa Pramuka. Kuharap ini bakal bermanfaat, see you again!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s