Camping bab. 2

Tapi itu tak lama, kemudian aku duduk di bawah juga dan membantu ibu-ibu memasak. Tak banyak sih, kemudian entah kemana aku pergi.

Intinya, sehabis sarapan, kami disuruh untuk senam pagi bersama kakak pembina sebelum berangkat hiking.

Sebenarnya, hiking ini untuk pelantikan kami sebagai pramuka resmi di suatu tempat di atas bukit sana. Tapi karena kemarin hujan, tidak ada satupun dari kami yang mengenakan seragam pramuka. Basah semua. ; ;

Jadi, ini bisa dianggap sebagai sebuah pelantikan resmi yang dilakukan agak asal-asalan, karena selain pada memakai baju rumahan dan sebagian juga mengenakan sendal jepit, termasuk aku karena sepatuku sedang basah 😦

Jadi kami berjalan, melewati jembatan dan kemudian sampai di sebuah tempat yang cukup teduh dan terasa rada sedikit panas juga.

Aku berjongkok di tempat yang teduh dan menunggu semua orang untuk sampai di tempat tersebut. Sesekali, aku minum dari botol air putih yang kubawa atau botol Pocari yang dibawa kakakku.

Mendadak ada sebuah mobil datang mendekati tempat kami sekarang. Seorang lelaki dewasa seumuran Kak Totok dan Kak Gatot keluar, disusul seorang wanita yang mengenakan pakaian sedikit mencolok, tapi berwajah ramah.

Mereka ternyata adalah teman Kak Totok, Kak Gatot dan mungkin Kak Yuli, yang sedang menengok pelantikan kami disini sebentar.

Pelantikannya sebenarnya biasa-biasa saja. Dan to be honest aku mengharapkan sebuah pelantikan di sekeliling api unggun, seperti yang sudah kakak pembina katakan beberapa minggu sebelumnya, tapi mungkin pelantikan di sekitar api unggun itu dibatalkan karena jadwal yang mepet karena hujan sorenya. Jadinya, digantikan di pelantikan di bukit esok paginya.

Pelantikan itu dibacakan oleh aku dan Salim untuk penggalang, Arunia dan beberapa anak lain untuk Siaga. Kami membacakan sumpah pramuka yang berupa trisatya dan dasadharma yang berbeda untuk masing-masing Siaga dan Penggalang.

Adapun sumpah pramuka yaitu Tri Satya yang artinya adalah kata-kata janji atau sumpah yang diucapkan oleh seorang Pramuka golongan Penggalang, Penegak, Pandega dan anggota dewasa.

 

TRI SATYA

 

Pengertian dari trisatya adalah Tri : tiga, Satya : Kesetiaan,

Artinya adalah tiga kesetiaan yang harus di penuhi oleh atau dipatuhi oleh setiap anggota Pramuka.

Isi dan arti trisatya.adalah sebagai berikut :

 

Tri Satya

 

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  3. Menepati Dasa Dharma.

 

DASA DHARMA

 

Pengertian dasadharma adalah Dasa : sepuluh,

Dharma : Perbuatan baik (kebajikan).

Dasadharma adalah sepuluh Kebajikan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari.

Isi dan Arti dasadharma adalah sebagai berikut :

 

Dasa Dharma

Pramuka itu :

 

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, trampil dan gembira.
  7. Hemat, cermat dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

 

Aku kalau nggak salah membacakan trisatya, dan kemudian dilanjutkan oleh Salim membacakan dasadharma. Tapi penggalang baru mengucapkan sumpah setelah anak Siaga yang membacakan sumpah mereka.

Sehabis pelantikan, kami langsung kembali. Dan sehabis pelantikan ini kami tidak begitu rapi dalam berbaris, melainkan jalannya berpencar-pencar. Aku mendahului anak perempuan yang lain dan berjalan di depan. Walau sebetulnya itu bukan contoh yang baik untuk anak Siaga, tapi mereka berjalan terlalu lambat. – – “

Saking capeknya, begitu sampai di penginapan, aku langsung merebahkan diri di tempat tidur. Lambat laun yang lain menyusul dan kami semua sama capainya sehabis berjalan lumayan jauh.

Setelah sepuluh menit, aku pergi mandi duluan karena kebutuhanku yang harus segera diselesaikan. Lagian, keringatku juga sudah hampir hilang semua.

Mandi bikin luar biasa segar, dan aku keluar dengan ceria.

Walaupun membuat tubuhku segar, aku ternyata sempat ketiduran lagi selama lima belas menit sewaktu anak-anak lain mandi, dan bangun saat sebagian besar dari mereka sudah mandi semua.

Sekitar jam sebelasan, aku sibuk bermain handphone sampai tidak menyadari anak-anak sudah pada beranjak pulang. Dan aku baru selesai bermain handphone saat mereka sudah pada pulang emua, kecuali keluarga Bu Farida dan Pak Heru. Aku melihat kakakku, adikku dan Anin sedang asyik bermain bola di lapangan yang luas tempatnya sambil tertawa-tawa.

Aku langsung mengikuti mereka bermain bola. Tak sampai lima menit, aku sudah ikutan tergelak-gelak bersama mereka. Terlebih aku tergelak karena tak banyak mengegolkan bola ke gawang yang berupa sandal dijejerkan berdua, namun lebih banyak terbahak-bahak karena biasanya aku menendang ke arah yang salah, tidak bisa menendang, atau malah bolanya tidak tertendang, dan yang tertendang malah kaki kakakku. Saking lucunya, aku sampai tertawa sambil berbaring di rerumputan.

Kami sebenarnya bermain bola untuk mengisi waktu menunggu abi yang belum pulang dari acara yang diisinya entah dimana. Mungkin sedang macet, jadi abi belum sampai. Dan tanpa abi, kami ya harus menunggu dulu agar bisa pulang. Untungnya keluarga Pak Heru dan Bu Farida masih ada disana, jadi kami nggak sendirian di penginapan ini.

Siang yang mendung dan berkabut itu ceria. Aku ketawa terus waktu kami main sepak bola, sebenarnya lebih karena aku gak bisa nendang sama sekali dan selalu menendang benda yang salah aka kakakku.

Gerimis mulai turun waktu abi akhirnya sampai di penginapan, membawa oleh-oleh yang diberi dari acara tadi berupa bermacam-macam makanan yang chocolate related.

Yah, intinya sore itu kami sudah sampai di rumah dan aku bisa tidur di tempat tidurku yang nyaman kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s